345 Guru di Jawabarat Bobol Bank Hingga Rp.36 Miliar

345 Guru di Jawabarat Bobol Bank Hingga Rp.36 Miliar

Sebuah Bank Perkreditan Rakyat (BPR) harus menderita kerugian hingga Rp36 miliar karena dibobol. Yang mencengangkan, pembobolan itu dilakukan oleh 345 orang guru di Jawa Barat.

Hal itu terjadi setelah BPR tersebut mencairkan pinjaman kepada para guru tersebut. Akan tetapi, peristiwa pembobolan itu terjadi lantaran seluruh dokumen yang diajukan seluruhnya terbukti palsu.

Dalam kasus ini sudah ada 13 orang yang menjadi tersangka. yang salah satunya merupakan oknum pegawai BPR. Menurut hasil pemeriksaan polisi, sindikat penipuan ini terbilang rapi dalam menjalankan aksinya.

"Yang mereka buat ini (dokumen), akurasinya cukup baik. Kalau sekilas nampak asli," kata Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Yusri Yunus, Rabu, 9 Agustsu 2017.

Aksi pembobolan dana di BPR ini terbongkar setelah ada kecurigaan hasil audit terhadap keabsahan sertifikat yang digunakan sebagai agunan oleh para guru tersebut.

Diketahui, masing-masing guru bisa mencairkan uang hingga Rp80 juta di BPR tersebut. Namun, selanjutnya uang itu dibagi ke beberapa pihak.

"Pemilik sertifikat palsu 30 persen, lalu Rp12 juta untuk YY (pembuat sertifikat) dan sisanya dibagikan ke beberapa pihak termasuk pihak bank," lanjut Yusri.

loading...
loading...
 
 

Bagikan artikel ini

Facebook Twitter +Google
 

 
loading...