Begini saat Wanita Berhijab Ikut Sesi Bikini di Kontes Kecantikan Miss Minessota USA

Begini saat Wanita Berhijab Ikut Sesi Bikini di Kontes Kecantikan Miss Minessota USA

Kontes kecantikan akan terasa aneh bila diikuti oleh wanita berjilbab dan biasa menutup auratnya. Pasalnya kontes kecantikan biasanya bukan hanya menilai kecantikan muka saja namun bentuk dan keindahan tubuh juga, yang biasa ditutup oleh wanita muslim.

Namun ternyata Halima Aden, wanita keturunan Somalia-Amerika berani ikut berlaga dalam kontes kecantikan Miss Minessota USA. Meski demikian dalam kontes tersebut ia tetap mengenakan hijab dan ia tetap akan menggunakan busana tertutup selama kontes berlangsung.

Hal itu ia lakukan termasuk saat menjalani sesi penilaian pakaian renang, ia akan mengenakan burkini (pakaian renang muslim). Seperti dilansir AlArabiya mengutip Minnesota Public Radio News, gaun malam yang dikenakan Halima akan dimodifikasi sedemikian rupa sehingga tak menampakkan auratnya.

“Kontes ini lebih dari sekadar adu kecantikan saja. Pesan besar yang ingin disampaikan adalah percaya diri dengan diri sendiri. Saya merasa hijab tak menjadi halangan bagi saya untuk berpartisipasi,” ujarnya dalam pernyataan resmi.

“ini menjadi pentas untuk menunjukkan kepada dunia diri saya. Hanya karena saya tak pernah melihat wanita mengenakan burkini dalam kontes kecantikan, tak berarti saya tak boleh menjadi yang pertama.” lanjutnya.

Penggunaan burkini sendiri tidak mendapat tentangan dari panitia kontes. Seperti yang dituturkan Denise Wallace, Ko-direktur Eksekutif konses kecantikan Miss Minnesota USA, dimana menilai keputusan wanita 19 tahun itu sejalan dengan nilai-nilai keberagaman yang diusung kontes. Juga selaras dengan nilai-nilai yang diusung Yayasan Miss Universe, mendukung wanita untuk percaya diri dengan kecantikannya.

Aden yang tumbuh dan menghabiskan masa kecilnya di kemah pengungsi di Kenya itu bisa mewakili negara bagian AS tersebut dalam kontes Miss USA, jika berhasil menyandang gelar Miss Minnesota pada kontes yang digelar pada 2-3 Desember mendatang ini.

 
 

Bagikan artikel ini

Facebook Twitter +Google