Durasi Menguap Bisa Memperlihatkan Kecerdasan Seseorang?

Durasi Menguap Bisa Memperlihatkan Kecerdasan Seseorang?

Setiap orang pastinya pernah bahkan sering menguap, terlebih bagi mereka yang mulai merasakan ngantuk. Namun, karena kebiasaan dan budaya biasanya menguap yang terlalu membuka mulut dan terlalu lama dianggap hal yang tidak sopan. Sehingga tak jarang orang menutup bahkan berusaha agar tidak menguap.

Ternyata, sebuah studi menyebutkan kalau durasi menguap itu menunjukan besarnya dan kecerdasan otak sesorang. hal itu dibuktikan oleh sebuah studi yang dilakukan pada hewan. Dan disimpulkan kalau durasi menguap berpengaruh pada kemampuan otak mereka. Jadi, semakin lama mereka menguap, semakin cerdas hewan tersebut.

Dalam melakukan studinya, para peneliti dari State University of New York di Amerika Serikat meneliti 29 video mamalia yang menguap untuk menghitung rata-rata durasinya. Kemudian membandingkan dengan berat otak hewan-hewan tersebut yang telah didokumentasikan dalam penelitian sebelumnya.

Para peneliti menemukan bahwa berat otak dan jumlah neuron di lapisan luar otak (korteks) ternyata dapat memprediksi durasi menguap mamalia. Seperti gorila, kuda, singa laut, dan gajah Afrika mungkin memiliki ukuran tubuh yang besar. Namun mereka memiliki durasi menguap yang lebih pendek dari manusia karena ukuran otak mereka lebih kecil.

Seperti dilansir laman Indiatimes,19 Oktober 2016, temuan ini juga mengatakan bahwa durasi menguap tidak berkorelasi dengan ukuran tubuh, tetapi dengan besarnya otak seseorang. Bukan hanya itu, tim yang dipimpin oleh Andrew Gallup ini juga menemukan bahwa hewan dengan otak yang lebih besar memiliki durasi menguap yang yang lebih bervariasi.

Senada dengan itu, Liz Cirulli Rogers, dari Duke University School of Medicine juga mengungkapkan kalau hewan yang lebih cerdas kemungkinan memiliki variasi menguap yang berbeda. Sedangkan hewan yang kurang cerdas hanya memiliki satu jenis menguap.

Jadi, berapa durasi Anda saat menguap?

loading...
loading...
 
 

Bagikan artikel ini

Facebook Twitter +Google
 

 
loading...