Ini Alasan Kenapa Wanita Jadi Sering Kentut Saat Haid

Ini Alasan Kenapa Wanita Jadi Sering Kentut Saat Haid

Merasa perut tak nyaman saat menstruasi atau haid memang menjadi salah satu yang umum dialami oleh seorang wanita. Akan tetapi bukan hanya itu, biasanya perut jadi sering kembung dan sering kentut. Dan hal itu sangat wajar terjadi, bahkan kemungkinan besar, semua wanita pernah mengalaminya.

Rasa tak nyaman dalam perut hanya dirasakan sendiri dan bisa disembunyikan, akan tetapi kentut yang ditimbulkan bisa jadi masalah karena bisa membuat malu. Menurut Jennifer Ashton, M.D., dalam Women's Health Mag ada dua faktor utama mengapa wanita jadi sering kentut saat haid , yakni faktor hormonal dan anatomi.

Saat haid, ada perubahan dalam sistem pencernaan wanita. Hormon estrogen dan progesteron bisa menjadi tidak seimbang selama haid. Dan hal itulah yang membuat emosi seorang wanita yang tengah haid tidak stabil, sering tersinggung dan bahkan mempengaruhi sistem pencernaan, khususnya usus. Hingga perut akan mengalami kembung karena menghasilkan banyak gas dan juga menyebabkan sering kentut.

Seperti dilansir Vemale.com, sistem pencernaan yang punya reseptor terhadap hormon progesteron bisa menyebabkan efek relaksasi atau kejang pada usus, tergantung berapa banyak kadarnya. Seringkali wanita akan mengalami diare atau bahkan konstipasi saat menstruasi karena perubahan konsentrasi progesteron.

Namun jangan khawatir, perubahan ini sangat normal dan akan kembali normal setelah haid selesai. Dan juga ada cara untuk bisa mengatasi atau mengurangi kebiasaan sering kentut saat haid, yakni dengan perbanyak minum air putih dan makan makanan berserat.

 
 

Bagikan artikel ini

Facebook Twitter +Google