Inilah Yang Akan Terjadi Saat Mengoleskan Pasta Gigi Pada Luka Bakar

Inilah Yang Akan Terjadi Saat Mengoleskan Pasta Gigi Pada Luka Bakar

Pernahkah Anda mengalami atau melihat orang yang terkena luka bakar karena kulit melepuh akibat terkena air panas, minyak panas atau 'tercium' kenalpot. Umumnya yang dilakukan saat terkena luka bakar tersebut, buru-buru diolesi oleh pasta gigi.

Mitos menangani luka bakar dengan langsung dioleskan pasta gigi memang masih umum digunakan oleh kebanyakan masyarakat kita. Nah tahukah Anda asal muasal kebiasaan itu muncul?

Seperti dikutip dari Klikdokter.com, luka bakar biasanya memberikan rasa panas dan tidak nyaman. Sementara, pasta gigi menawarkan efek dingin pada luka bakar tersebut. Oleh karena itu pasta gigi digunakan sebagai pertolongan pertama pada luka bakar untuk meredakan rasa panas yang diderita.

Namun jangan salah, efek dingin dan rasa nyaman dari pasta gigi ini hanya bersifat sementara. Bahkan, kandungan yang terdapat pada pasta gigi seperti mentol, kalsium, dan pemutih, justru bisa memperparah luka bakar.

Selain itu, pasta gigi juga dapat menghambat proses penyembuhan luka. Bahkan, luka bakar dapat meluas akibat tertutup oleh pasta gigi.

Dan meski memiliki efek dingim, panas dari luka bakar tersebut tidak bisa dilepaskan ke udara luar karena terhalang pasta gigi tersebut. Sehingga panas tersebut makin masuk ke dalam dan melebar ke jaringan sekitar.

Yang semestinya dilakukan:

Jika Anda terkena luka bakar, sebaiknya memberikan pertolongan pertama atau penanganan dengan cara mengguyur luka tersebut dengan air mengalir sekitar 15 menit atau sampai rasa panas hilang.

Dengan cara ini bisa menurunkan suhu luka bakar, sehingga luka tidak meluas ke jaringan sekitarnya. Selain itu, rasa dingin dari air mengalir juga dapat memberikan efek nyaman pada tubuh.

Hindari juga mengompres luka bakar dengan es batu. Hal itu karena suhu yang sangat dingin dari es batu malah dapat membuat pembuluh darah mengecil. Yang akhirnya mengakibatkan aliran darah akan berkurang bahkan terhenti, sehingga luka jadi makin susah sembuh.

Dan untuk luka bakar yang berukuran besar, sebaiknya langsung diperiksakan ke dokter agar mendapatkan perawatan. Ingat jangan gunakan pasta gigi untuk luka bakar yah..

 
 

Bagikan artikel ini

Facebook Twitter +Google