Makanan yang Biasa Kita Konsumsi Ini Ternyata Bisa Jadi Membahayakan saat Dipanaskan

Makanan yang Biasa Kita Konsumsi Ini Ternyata Bisa Jadi Membahayakan saat Dipanaskan

Mungkin Anda sering memasak atau dimasakan dengan hidangan yang cukup banyak di rumah, yang pastinya tidak habis sekali makan. Nah orang Indonesia biasanya punya sebuah kebiasaan untuk memanaskan makanan yang tak habis saat disajikan.

Misalnya saja, pada sore hari memanaskan makanan yang tak habis pada makan siang untuk dijadikan makan malam.

Namun, hati hati!, ternyata ada beberapa makanan yang akan berubah menjadi berbahaya saat dipanaskan. Seperti dilansir dari Idntimes.com, berikut daftar makanan yang sebaiknya jangan dipanaskan.

1. Kentang

Kentang mengandung karbohidrat yang menyalurkan tenaga agar bisa beraktivitas dengan baik. Kentang tidak boleh dipanaskan berulang kali karena akan menghilangkan kandungan gijinya.

Selain itu, dengan dipanaskan berulang-ulang akan membantu perkembangan bakteri langka yang berbahaya bagi tubuh.

Jadi, sebaiknya kamu langsung memakannya sampai habis hari itu juga agar tidak perlu memanaskannya.

2. Telur

Telur yang dimasak pada suhu tinggi untuk kedua kalinya dapat menyebabkan munculnya kandungan racun. Telur sendiri adalah sumber protein yang berasal dari unggas.

Kandungan dalam telur selain protein juga ada vitamin A, kalsium, vitamin B6 dan juga B12 yang baik untuk tubuh. Namun, jika telur dimasak dalam suhu tinggi untuk kedua kalinya, akan ada kandungan racun yang muncul di dalamnya dan bisa berbahaya untuk kesehatan pencernaan tubuh.

3. Jamur

Ternyata jamur yang dipanaskan bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Oleh karena itu, jika kamu mengonsumsi jamur, sebaiknya langsung dihabiskan setelah dimasak.

Kalaupun kamu tidak langsung memakannya, maka jangan dipanaskan lagi. Akan lebih baik jika dimakan dalam keadaan dingin.

Karena saat jamur dipanaskan akan mengubah komposisi proteinnya dan bisa mengubah rasanya. Ini bisa menyebabkan terjadinya gangguan pencernaan dalam tubuhmu.

4. Seledri

Tahukah kamu jika seledri yang dipanaskan bisa memicu zat penyebab kanker. Seledri biasanya terdapat dalam sup.

Sup biasanya sering dipanaskan untuk dimakan lagi. Oleh karena itu jangan lupa untuk membuang seledri yang ada dalam sup sebelum memanaskannya.

Hal itu lantaran seledri mengandung nitrat yang bisa berubah menjadi nitrit yang berpotensi menimbulkan zat karsinogenik yaitu zat pemicu kanker.

5. Nasi

Nasi merupakan makanan pokok yang sangat sering dipananskan, terlebih dengan adanya penanak nasi yang sekaligus untuk memanaskannya.

Namun, ternyata nasi ini tidak boleh dipanaskan. Hal itu karena perubahan suhu yang terjadi saat memanaskan nasi akan membantu pertumbuhan bakteri yang bisa menyebabkan diare, mual dan muntah.

6. Ayam

Ayam yang dipanaskan ternyata bisa menimbulkan gangguan pencernaan karena kandungan protein di dalamnya akan berubah.

Namun, jika ingin memanaskannya, sebaiknya panaskan dengan api kecil dan menjaga agar suhu ayam hanya sampai hangat, bukan panas.

7. Bayam

Bayam yang dipanaskan berpotensi menyebabkan kanker, karena bayam yang dipanaskan akan mengeluarkan zat karsinogenik yang bisa memicu kanker. Tidak jauh berbeda dari seledri.

Meski demikian, bayam adalah makanan yang sangat kaya serat, vitamin dan mineral yang bagus bagi kesehatan tubuh, jadi sebaiknya langsung dimakan saja setelah masak dan tidak memanaskannya.

 
 

Bagikan artikel ini

Facebook Twitter +Google