Penelitian: Pasangan Seumuran Resiko Berpisah Semakin Kecil

Penelitian: Pasangan Seumuran Resiko Berpisah Semakin Kecil

Banyak hal yang membuat hubungan rumah tangga harus kandas ditengah jalan. Namun meski demikian, banyak juga hal yang bisa membuat rumah tangga langgeng.

Dan biasanya, salah satu faktor yang memicu perbedaan dan berbuntut pertengkaran adalah beda usia atara suami dan istri.

Namun, ada sebuah penelitian menarik terkait perbedaan usia dan keharmonisan pernikahan. Seperti dilansir dari theatlantic.com, sebuah penelitian menyebutkan kalau suami istri yang seumuran memiliki risiko bercerai yang lebih kecil. Hal itu bisa membuat pernikahannya pun bisa awet dan langgeng dalam waktu yang sangat lama.

Kesimpulan itu diambil setelah meneliti dengan menggunakan data polling dari sedikitnya 3.000 orang Amerika yang baru menikah dan bercerai.

Randy Olson, seorang ilmuwan data menyimpulkan bahwa pasangan dengan selisih perbedaan usia 1 tahun memiliki risiko bercerai sebanyak 3% lebih besar dibandingkan pasangan yang seumuran.

Sedangkan, untuk pasangan dengan beda usia 5 tahun memiliki risiko bercerai sebesar 18%. Dan yang beda usia 10 tahun memiliki persentase risiko bercerai sebanyak 39%.

Oleh karena itu bisa disimpulkan, semakin besar perbedaan usia pasangan, maka semakin besar juga perbedaan latar belakang budayanya.

Apalagi kalau sudah beda generasi, perbedaan yang dimiliki bisa lebih besar lagi yang mengarah pada risiko perceraian yang lebih tinggi.

Namun, hal itu semua terjadi bila perbedaan tersebut tidak bisa dikondisikan dengan baik. Dan untuk risiko berpisah atau konflik bisa lebih tinggi.

Namun hal hasil penelitian ini bukan berarti kita harus selalu mencari pasangan yang seumuran. Karena sangat banyak pasangan dengan beda usia yang mencolok bisa memiliki rumahtangga yang langgeng. Bahkan tak sedikit pula yang malah menjadikan perbedaan usia diantara mereka sebagai sebuah faktor kelanggengan dari hubungan.

Nah bagaimana menurut Anda?

 
 

Bagikan artikel ini

Facebook Twitter +Google