'Perseteruan' Elang dan Ular Menjadi Penyebab Kebakaran Hutan

'Perseteruan' Elang dan Ular Menjadi Penyebab Kebakaran Hutan

Sebelum terjadi kerusakan yang lebih parah ketika terjadi kebakaran semak di kawasan Black Eagle, Montana, dinas pemadam kebakaran setempat mendatangi tempat kejadian. Namun, pelaksana tugas asisten kepala bernama David Lee mendapatkan kejutan akan penyebab kebakaran tersebut.

Kebakaran itu sendiri sempat meluas hingga lebih dari 160 ribu meter persegi sebelum berhasil dipadamkan seluruhnya. Seperti dikutip dari Oddee (18/9/2017), awalnya Lee menimbang-nimbang beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab kebakaran, mulai dari petir, peralatan pertanian, atau arson (kebakaran yang disengaja).

Akan tetapi semua dugaan itu tertepis ketika ia menemukan bangkai dua hewan yang hangus. Kedua hewan itulah yang kemudian diduga menjadi penyebab kebakaran.

"Ada bangkai elang yang hangus setelah menyentuh kabel listrik. Yang mencengangkan, ia masih menggenggam seekor ular kecil pada cakarnya." kata Lee.

Menurutnya, memang benar kalau burung atau hewan lainnya dapat menyebabkan kebakaran. Tapi untuk seekor burung yang terbakar hangus sambil tetap memegang mangsanya sangat jarang terjadi. Bangkai itu sendiri sebenarnya sudah tidak dikenali, kecuali bagian cakar yang masih menggenggam ular.

Dan bangkai elang yang hangus di bawah tiang listrik itu kemudian diambil gambarnya oleh petugas pemadam kebakaran bernama Kyra Vanisko.

"Menakjubkan. Saya tidak menyangka menemukan seekor elang dengan ular yang masih dalam cakarnya."

"Hewan itu tersengat listrik, bukan ditembak atau yang lainnya. Kita bisa melihat tempat ular itu menyentuh kabelnya."

"Menurut saya, ular itu membelit ke tiang lalu menyentuh kabelnya, kemudian aliran listrik merambat ke si burung," demikian ujar juru bicara bernama Dusty Thompson.

Karena bangkainya yang habis terbakar, spesies pasti burung itu tidak diketahui walau jelas ukuran tubuhnya setara dengan seekor kucing kecil.

Selain teori ular yang melilit kabel listrik, ada teori lainyang menyimpulkan kalau bentang sayap elang itu diduga telah menyentuh kabel listrik sehingga menyebabkan percikan yang memulai kebakaran. Percikan itu kemudian menyulut rerumputan kering di tanah.

Nah Bagaimana menurut Anda?

 
 

Bagikan artikel ini

Facebook Twitter +Google