Sering Operasi Caesar Rahim Wanita Ini Robek, Tampak Kaki Bayi Keluar

Sering Operasi Caesar Rahim Wanita Ini Robek, Tampak Kaki Bayi Keluar

Terkadang gambar hasil USG ibu hamil itu sulit dimengerti bahkan menampilkan bentuk yang tergolong aneh. Namun sebuah foto hasil USG seorang ibu hamil memperlihatkan fenomena langka, dimana memperlihatkan kantung ketuban yang pecah dan kaki janin terlihat berada di luar rahim.

Kondisi ini disebabkan karena kantung ketubannya tumbuh lebih panjang dan bersamaan dengan kaki janin. Foto USG ini diambil saat usia kandungan ibu hamil ini berusia 22 minggu.

Dan ternyata kejadian ini disebabkan karena wanita ini sudah melakukan lima kali operasi caesar. Kehamilan ke enam memiliki resiko besar ketuban akan pecah dan kondisi ini sangat berisiko bahaya untuk janin seperti kelahiran prematur.

Pada usia 30 minggu, kantung ketuban tumbuh semakin membesar hingga dua kali lipat. Kantung tersebut berisi perut dan kaki janin. Sebagian tubuh janin sudah masuk ke dalam kantung ketuban. Karena hal itu, dokter akhirnya mengambil tindakan operasi caesar, meski janinnya masih memiliki berat 0,5 kilogram.

Seperti dilansir dari Tribunnews.com, menurut Dr Pierre Emmanuel selaku penulisnya mengatakan bahwa ini pertama kalinya ia melihat kasus seperti itu. Memang terlalu banyak melakukan operasi caesar bisa menyebabkan terjadinya masalah pada kantung ketuban.

Dr Pierre mengungkapkan kalau kantung ini tumbuh dari dinding rahim yang melemah akibat operasi caesar yang dilakukan berkali-kali. Hal senada juga dikatakan oleh Yvone Bohn, MD, salah seorang dokter kandungan di Saint John Health Center di California.

Nah jadi konsultasikan dulu kehamilan Anda kepada dokter, terlebih bila memang Anda telah melakukan beberapa kali operasi caesar sebelumnya.

 
 

Bagikan artikel ini

Facebook Twitter +Google