Ternyata Fungsi Tanggal Kadaluwarsa Air Kemasan Bukan Untuk Airnya, Tetapi Untuk Ini

Ternyata Fungsi Tanggal Kadaluwarsa Air Kemasan Bukan Untuk Airnya, Tetapi Untuk Ini

Sesuai regulasi, setiap bahan makanan yang dijual harus memiliki tanggal kadaluwarsa, hal itu untuk menjadi atokan batas akhir makanan atau minuman tersebut bisa dikonsumsi. Hal itu juga ditemukan pada air minum kemasan, apakah air minum ada kadaluwarsanya?

Ternyata tanggal kedaluwarsa yang terdapat pada air minum kemasan itu bukan untuk airnya. Seperti yang kita ketahui air minum kemasan biasanya hanya mengalami penyaringan tanpa ada pencampuran bahan kimia, yang langsung diambil dari sumber air yang jernih.

Tanggal kedaluwarsa yang tertera tersebut ternyata lebih berlaku untuk botol plastik (PET) yang mewadahinya. Botol plastik yang menjadi wadah air mineral biasanya terbuat dari Polyethylene terephthalate (PETE/PET). Walaupun memiliki mekanisme yang kuat, tak berwarna, tak mempengaruhi rasa dan tak beracun, botol PET tetap saja akan mengalami penurunan kualitas dalam setidaknya dua tahun.

tanggal kadaluwarsa air minum

Karena itulah tanggal kedaluwarsa air mineral kemasan biasanya ditetapkan dua tahun setelah hari produksinya. Dan untuk catatan, pada suhu tertentu di atas rata-rata, bahan PET juga melepaskan beberapa bahan kimia, walau tak terlalu berisiko dan dalam jumlah kecil namun berdampak jika dalam kumulatif jumlah besar.

Selain itu, walaupun botol PET memiliki pori sangat kecil tapi ia tetap bisa menyerap bau-bau di sekitarnya. Sehingga ini akan berpengaruh pada kesegaran air di dalamnya. Bukan berarti airnya sudah tidak aman untuk diminum, masih aman selama perbedaan baunya tidak terlalu menyengat. Sehingga jangan menyimpan air mineral kemasan dekat benda berbau tajam.

tanggal kadaluwarsa air

Meski, air mineral murni tidak akan berubah warna, bau dan rasanya. Tapi kebanyakan plastik yang telah melewati pemrosesan bisa bertahan rata-rata maksimal dua tahun. Ini mempertimbangkan berbagai kondisi saat pengepakan, transportasi/distribusi dan penyimpanan baik dalam suhu ruangan maupun dingin.

Sehingga. air mineral dalam kemasan tersebut harus disimpan dengan benar secara khusus, tidak sembarangan dicampur. Namun pihak perusahaan air mineral kemasan memang menganjurkan untuk tidak menyimpannya terlalu lama karena kualitasnya jelas tidak akan sesegar yang dekat masa produksi.

 
 

Bagikan artikel ini

Facebook Twitter +Google