Bandara Soekarno Hatta Dinobatkan Sebagai Bandara Paling Tidak Tepat Waktu
Iptek Berita

Bandara Soekarno Hatta Dinobatkan Sebagai Bandara Paling Tidak Tepat Waktu

Shabari ·

Ada kabar yang terdengar kurang mengenakan untuk publik Indonesia, pasalnya Bandar Udara (Bandara) Internasional Soekarno Hatta yang selama ini menjadi kebanggaan dinobatkan sebagai bandara palinh tidak tepat waktu.

Penobatan ini seharusnya menjadi alasan pengelola harus mulai berbenah. Agar bandara yang berlokasi di Cengkareng tersebut bisa lebih memberikan pelayanan yang baik terutama pada ketepatan waktu.

Penobatan ini berasal dari hasil riset perusahaan analis penerbangan Official Air Guide (OAG) yang berbasis di Inggris.

Seperti dikutip dari laporan pada website resmi perseroan, Jumat (6/7/2018), OAG membandingkan On Time Performance (OTP) atau tingkat ketepatan waktu dari 513 bandara di seluruh dunia.

OTP bandara sendiridiukur dari waktu keberangkatan dan kedatangan yang kurang dari 15 menit setelah waktu keberangkatan atau kedatangan yang dijadwalkan, termasuk pembatalan.

Untuk waktu survei berlangsung dari Juni 2017 hingga Mei 2018. Dan dari hasil yang dilaporkan OAG, Bandara Soekarno Hatta berada pada peringkat 511 dari 513 bandara yang disurvei atau pada peringkat tiga terbawah.

Rata-rata OTP Bandara Soekarno Hatta sebesar 58,5%. Di bawah Bandara Soekarno Hatta, ada Bandara Internasional Islamabad di Pakistan dengan rata-rata OTP sebesar 56,9% dan Bandara Internasional Tunis di Tunisia dengan rata-rata OTP sebesar 43,3%.

Sementara bandara dengan predikat paling tepat waktu adalah Bandara Nagoya Komaki Airport di Jepang dengan rata-rata OTP sebesar 94,5% disusul oleh Bandara Hilo di Amerika Serikat (AS) dengan rata-rata OTP sebesar 91,4%.

Bagikan artikel ini