Begini Ciri Pria yang Bisa menularkan Kangkaer Serviks pada Wanita
Kesehatan Wanita

Begini Ciri Pria yang Bisa menularkan Kangkaer Serviks pada Wanita

Shabari ·

Seperti yang kita ketahui, kalau kanker serviks tergolong Kanker ganas yang menyerang kaum hawa. Kanker ini memang tidak menyerang kaum adam karena tidak memiliki rahim, akantetapi HPV yang merupakan virus kangker serviks bisa menempel di alat kelamin pria.

Saat HPV menempel pada alat kelamin pria, para ahli medis memang menyebutkan tidak berbahaya. Hanya bisa menimbulkan genital warts (semacam kutil) yang tumbuh pada daerah kelamin.

Hanya saja, pria yang terinfeksi HPV berpotensi besar menularkan virus tersebut kepada wanita yang menjadi pasangannya. Bila seorang pria yang kerap menggunakan jasa PSK kemudian tertular HPV, dia berpotensi akan menularkan virus itu ke istrinya.

Bukan hanya pada istri, bagi pria yang memiliki kelainan seksual dan suka berhubungan seks sesama jenis bisa terkena kanker dubur.

Seperti halnya penelitian Centers for Disease Control and Prevention (CDC), yang menyebutkan pria gay dan biseksual berisiko 17 kali lebih berpeluang mengembangkan HPV.

 

Berkaca dari fakta tersebut, sebenarnya kanker serviks dapat dicegah dengan menghindari faktor risikonya, yakni berhubungan seks, terutama di usia belia atau di bawah 17 tahun.

Agar terhindar dari penyakit yang ditimbulkan HPV, sebaiknya menghindari seks di usia yang terlampau muda, tidak berganti-ganti pasangan, dan tidak merokok.

Menurut dr. Fitriyadi Kusuma, SpOG (K), Konsultan Kanker Kandungan dan Staf Pengajar FKUI Divisi Onkologi Ginekologi, berhubungan intim di umur terlalu dini menjadi faktor risiko karena organ-organ reproduksi yang belum berkembang sempurna. Sehingga rentan mengalami lesi atau luka ketika berhubungan seksual.

Ketika terjadi lesi, HPV lebih mudah masuk dan menginfeksi jaringan kelamin yang akan berkembang menjadi kanker di kemudian hari. Bukan hanya itu, karakter HPV lebih mudah berkembang di jaringan yang masih muda.

Maklum, virus ini lebih menyukai jaringan yang licin dan halus yang umumnya dimiliki oleh organ reproduksi yang masih muda.

Jadi bagi wanita sebaiknya menghindari berhubungan dengan pria yang sering gonta ganti pasangan dan nemiliki hal seperti kutil pada alat kelaminnya.

Bagikan artikel ini