Dari 270 Ribu Penduduk Bumi yang Akan Menjadi Warga Luar Angkasa, 6 Ribunya Ternyata dari Indonesia
Berita

Dari 270 Ribu Penduduk Bumi yang Akan Menjadi Warga Luar Angkasa, 6 Ribunya Ternyata dari Indonesia

Shabari ·

Kita sempat dikagetkan dengan apa yang dicetuskan ilmuwan Rusia Igor Ahusrbeyli pada bulan lalu. Dimana ia membuat konsep sebuah negara baru yang berlokasi di luar angkasa, yakni Asgardia.

Menariknya, sejak diumumkan, sudah ada lebih dari 270 ribu penduduk Bumi mendaftarkan diri menjadi warga pertama di negara Asgardia. Dan ternyata jumlah itu juga termasuk mereka yang tinggal di Indonesia.

Dikutip dari laman resmi Asgardia, Rabu (26/7/2017), setidaknya ada 5.978 warga Indonesia yang mendaftarkan diri mereka menjadi penduduk Asgardia atau Asgardian (julukan calon warga Asgardia). Dimana sebanyak 84 persen warga Indonesia yang mendaftarkan diri sebagai Asgardian adalah laki-laki, dan 16 persennya adalah wanita.

Dan bila dilihat dari peta yang ada di laman web-nya, tampak persebaran pendaftar di Indonesia tersebar di kota-kota besar, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, Denpasar, Yogyakarta, Bekasi, Banjarmasin, Makassar, Gorontalo, dan kota-kota lain di Pulau Jawa, Sumatera, dan Kalimantan.

penyebaran penduduk yang mendaftar menjadi asgradian

Disebutkan juga ada 855 orang dari Jakarta yang mendaftarkan diri untuk menjadi Asgardian. Disusul Bandung dengan 343 orang, Surabaya sebanyak 248 orang, Tangerang sebanyak 240 orang, dan Bekasi ada 231 orang.
Sekadar diketahui, mereka yang direkrut menjadi warga negara akan mengantongi sertifikat Asgardia dan resmi menjadi Asgardian, tetapi tetap memiliki status dwikewarganegaraan.

Kabarnya, seperti halnya sebuah negara di Bumi, Asgardia juga akan membentuk pemerintahan demokrasi berdasarkan hukum. Asgardian pun nanti diminta untuk turut andil memberikan suara demi sistem perumusan dasar konstitusi negara tersebut.

Tujuan dibangunnya Asgardia didasari tiga asas utama dari aspek ilmu alam dan teknologi. Pertama, Asgardia didirikan untuk menjamin kehidupan antariksa secara damai. Kedua, Asgardia hadir untuk melindungi Bumi dari ancaman objek luar angkasa, seperti komet, badai matahari, dan masih banyak lagi.

Bagikan artikel ini