Gadis Ini Merupakan Wanita Pertama Yang Kenakan Hijab di Sekolah Militer AS
Unik Wanita

Gadis Ini Merupakan Wanita Pertama Yang Kenakan Hijab di Sekolah Militer AS

Shabari ·

Dunia barat memang dikenal sangat rentan terhadap kasus diskriminasi terhadap kaum muslim yaang sering disebut dengan islamophobia. Namun ada hal menarik yang dialami wanita bernama Sana Hamze. Pasalnya, ia jadi muslimah pertama yang diizinkan memakai hijab di sekolah militer di Vermont, Amerika Serikat.

"Saya tidak memandang diri saya sedang mengubah dunia atau mengubah Amerika," ujarnya, seperti dilansir koran the Daily Mail, Senin (17/10).

Gadis 18 tahun asal Fort Lauderdale, negara Bagian Florida itu merupakan lulusan Universitas Norwich. Dan kini ia tengah menempuh pendidikan di sekolah militer swasta tertua di AS.

Hamze mengikuti sekolah militer karena ingin meneruskan jejak keluarganya yang berasal dari keluarga militer. Nenek buyut Hamze dulunya merupakan seorang tentara Angkata Udara dan nenek-kakeknya waktu itu bertemu ketika bertugas di Puerto Rico sebagai tentara Angkatan Laut dan ayahnya sendiri adalah polisi di Florida.

Awal tahun ini ketika mendaftar ke Norwich, ia telah meminta izin akan mengenakan hijab sebagai bagian dari keyakinannya dan permohonannya dikabulkan.

"Saya melihatnya ini hanya soal sebuah sekolah yang mengizinkan seorang siswanya menjalankan pratik agama sekaligus menempuh pendidikan untuk menjadi tentara Angkatan Laut," lanjut dia.

Dan usahanya tetap mengenakan hijab sebenarnya sempat mendapat penolakan. Awalnya ia mencoba masuk ke Charleston, kampus militer di South Carolina, akantetapi permohonannya untuk memakai hijab ditolak.

"Saya tahu apa yang saya lakukan adalah untuk melindungi negara. Saya bergabung di ketentaraan untuk melindungi negara," kata dia.

Bagikan artikel ini