Gantikan Telinga Pasien yang Rusak, Dokter Ini Tumbuhkan Telinga di Lengan Pasien
Kesehatan

Gantikan Telinga Pasien yang Rusak, Dokter Ini Tumbuhkan Telinga di Lengan Pasien

Shabari ·

Operasi yang tak biasa dilakukan oleh seorang dokter bedah plastik di China bernama Guo Shuzhong. Pasalnya, demi mengganti telinga pasiennya yang rusak parah karena kecelakaan, Guo menumbuhkan organ telinga buatan di lengan pasien.

Awalnya pasien bernama Ji yang berafiliasi dengan Xi'an Jiaotong University di Xi'an, Provinsi Shaanxi, kehilangan telinga kanannya akibat kecelakaan lalu lintas satu tahun lalu. Karena kecelakaan lalulintas itu bagian wajah Ji di sebelah kanan memang rusak parah. Ji pun pernah menjalani beberapa kali operasi bedah untuk mengembalikan kerusakan pipi dan kulitnya di wajah.

"Saya kehilangan satu telinga. Saya selalu merasa tidak lengkap," ucap Ji yang ingin memiliki telinga lengkap kembali seperti dilaporkan China News.

Keinginan Ji itu pun tengah berusaha diwujudkan oleh dokter Guo. Untuk membuat telinga baru, dokter Guo mengambil tulang rawan dari tulang rusuk pasien. Telinga tersebut sengaja ditumbuhkan dokter di lengan tangannya. Selanjutnya, telinga tersebut akan ditransplantasikan ke kepala.

Menurut Guo, menumbuhkan telinga buatan di lengan pasien adalah bagian tersulit. Namun, Guo dan timnya pun mengaku telah sukses melakukan tahap tersulit tersebut.

Guo tumbuhkan telinga di lengan

Setelah telinga buatan semakin berkembang atau tumbuh dewasa, Guo akan melakukan transplantasi organ itu ke kepala pasien menggunakan teknik anastomosis pembuluh darah. Guo dan timnya berharap transplantasi telinga akan berlangsung 3-4 bulan setelah organ telinga buatan tumbuh di lengan pasien.

Guo sendiri merupakan seorang ahli bedah plastik ternama dari sebuah rumah sakit di Xi'an, China. Tahun 2006, ia pernah melakukan operasi transplantasi wajah pertama di China. Olehkarena itu pasien tersebut tak meragukan kemampuan Guo.

Bagikan artikel ini