Hati-Hati, Tantangan Game Momo Challenge di Whatsapp, Sudah Banyak Makan Korban
Iptek Tragedi

Hati-Hati, Tantangan Game Momo Challenge di Whatsapp, Sudah Banyak Makan Korban

Shabari ·

Sebuab tantangan atau Challenge yang viral dan menjamur dimana mana memang bukan hal baru lagi. Namun, tak semua challenge yang viral itu bebas dari bahaya. Taksedikit challenge yang malah memakan korban jiwa.

Seperti halnya tantangan baru yakni game Momo Challenge yang ada di Whatsapp. Challenge inipun sudah banyak korban tewas mengerikan.

Momo Challenge yang berakibat fatal sedang terjadi, hal inii sebaiknya menjadi perhatian para orang tua yang harus lebih mengawasi aktivitas anaknya di media sosial khususnya WhatsApp.

Tantangan Momo Challeng yang tersebar melalui WhatsApp (WA) ini pasalnya diduga menjadi penyebab kematian seorang gadis usia 12 tahun di Argentina.

Tantangan baru yang dimaksud adalah 'Momo Suicide Challenge.' Momo saat ini sedang viral di berbagai negara.

Dalam tantangannya, Momo meminta orang-orang untuk menambahkan kontak di WA. Namun bahayanya, ia lantas mendesak orang-orang untuk melakukan tindakan menyakiti diri sendiri bahkan bunuh diri.

Hal ini mengingatkab kita pada Blue Whale Challenge (tantangan paus biru) yang ada tahun 2017 lalu. Dan kita tidak bisa melupakan, gara-gara Blue Whale Challenge 130 orang remaja di Rusia meregang nyawa.

Tantangan Blue Whale Challenge mengajak pesertanya untuk menyelesaikan tantangan dalam waktu 50 hari. Namun secara bertahap tantangan akan menjadi lebih berbahaya dan para remaja yang menuruti tantangan tersebut pada akhirnya diminta untuk bunuh diri.

Seperti dilaporkan The Buenos Aires Times, pihak kepolisian Argentina kini tengah serius menyelidiki apakah Momo terkait dengan kasus bunuh diri gadis berusia 12 tahun ini di Distrik Escobar.

Pasalnya, polisi menduga kuat ada seseorang yang telah mendorongnya untuk melakukan bunuh diri.

Sebenarnya, Momo sendiri merupakan nama sebuah akun media sosial yang ada di WA, Facebook dan Youtube. Dengan foto profil gambar seorang wanita dengan mata menonjol dan bentuk muka aneh.

Foto yang digunakan itu sebenarnya adalah sebuah karya seniman Jepang, Midori Hayashi yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan tantangan maut tersebut.

Unit Cyber Crime di Meksiko, menyebutkan kalau awal mula Momo Challenge dari Facebook.

Beberapa pengguna Momo Challenge menyatakan jika tak mengikuti tantangan tersebut nyawa mereka akan terancam. Selain itu, Aktivis dari LSM Safernet Brazil, Rodrigo Nejm, mengatakan Momo kemungkinan juga bentuk 'umpan' yang digunakan para penjahat untuk mencuri data dan memeras orang di internet.

Momo Challenge kini telah beredar di Meksiko, Argentina, Amerika Serikat, Prancis dan Jerman.

Jadi bagi orang tua sebaiknya waspada, pasalnya sebuah challange yang dipandang menantang akan cepat menyebar.

Bagikan artikel ini