Iptek Video

Hebat, Bus Anfibi Ini bisa Melaju di Darat dan di Air

Shabari ·

Bencana banjir biasanya membuat aktifitas akan terhenti, meski genangan tidak terlalu tinggi namun biasanya kendaraan umum dan pribadi akan sulit menembus banjir hingga hanya berjalan kaki atau perahu saja yang bisa digunakan.

Mungkin bagi daerah yang sering terkena banjir dan meimiliki banyak sungai akan mendambakan sebuah kendaraan yang bisa melajju di darat dan di air. Gagasan untuk menciptakan kendaraan jenis ini memang telah ada semenjak beberapa abad lalu.

Namun, kini hal itu sudah bisa terwujud. Di Belanda, ada sebuah kendaraan yang mampu melaju di daratan atau di air. Hebatnya lagi, kendaraan tersebut bukan kendaraan pribadi, melainkan kendaraan umum berupa bus.

Dalam sebuah video yang diunggah pada 4 Juni 2011 oleh Meroy Diniz itu memperlihatkan kemampuan bus amfibi, yang bisa melaju di daratan dan air. Bus itu milik splash tour yang merupakan biro jasa pariwisata di negara Belanda itu. Biro ini memberikan pengalaman bagi wisatawan untuk melihat situasi Belanda, sekaligus melihat bendungan di Rotterdam. Dan bus ini juga juga melintasi bendungan Rotterdam.

Seperti dilansir dari situs NAIJ.com, (17/10), kehadiran bus tersebut juga menggairahkan wisata Belanda yang negaranya memiliki wilayah peraian. Hingga kini, sudah banyak bus-bus wisata serupa yang mengajak wisatawan merasakan sensasi melaju di daratan dan di air tanpa takut tenggelam.

Bukan hanya bus, kendaraan amfibi lainnya juga tengah dalam pengembangan.Seperti halnya pesawat yang bisa mendarat di lautan juga tengah dikembangkan agar sempurna, kendaraan roda dua, atau mobil yang bisa melaju di air dan daratan juga sedang dikembangkan.

Hal semacam itu biasanya kita lihat di film animasi, namun dengan kemajuan teknologi hal semacam itu kini berubah menjadi kenyataan. Siap untuk memilikinya?

Bagikan artikel ini