Video Unik

Ibu-Ibu Ini Kompak Gunakan Helm Motor Saat Naik Mobil Pikap

Shabari ·

Bila nekat mengendarai motor tanpa menggunakan helm, siap-siap Anda akan ditilang oleh polisi karena berbahaya. Hal itu juga bila Anda nekat naik di bak kendaraan barang seperti mobil Pikap, kalau ketemu polisi pasti bermasalah, hal itu karena sama dianggap berbahaya.

Nah bagaimana bila naik pikap dengan menggunakan helm, apakah masih bermasalah?

Hal itulah yang dilakukan oleh segerombolan ibu-ibu yang nekat menumpang di sebuah mobil pikap. Memang dibeberapa daerah melihat segerombolan ibu-ibu naik mobil bak terbuka bukan hal aneh. Namun, menariknya kali ini Ibu-ibu yang menunmpang dan duduk di bak, kompak menggunakan helm motor.

Hal itu tampak pada sebuah video yang diunggah instagram @romansasopirtruck, mobil pikap tersebut merupakan mobil dari Yogyakarta karena memiliki pelat nomor AB. Tampak mobil kelir hitam itu melaju cukup cepat dengan bak penuh ibu-ibu yang duduk rapi menghadap ke depan dengan kompak menggunakan helm.

Seperti yang kita ketahui, jenis mobil bak terbuka seperti ini dikelompokkan ke dalam jenis mobil barang dalam Pasal 5 ayat (4) Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2012 tentang Kendaraan. Dan pada pasal 137 ayat (4) UU LLAJ, tertulis bahwa mobil barang dilarang digunakan untuk angkutan orang.

Namun, larangan itu tidak mutlak, karena ada kondisi yang diperbolehkan diantaranya: Apabila rasio Kendaraan Bermotor untuk angkutan orang, kondisi geografis, dan prasarana jalan di provinsi/kabupaten/kota belum memadai; Atau untuk pengerahan atau pelatihan Tentara Nasional Indonesia dan/atau Kepolisian Negara Republik Indonesia. Juga untuk kepentingan lain berdasarkan pertimbangan Kepolisian Negara Republik Indonesia dan/atau Pemerintah Daerah.

Bagaimana menurut Anda?

Bagikan artikel ini