Ingat, Gunakan GPS Saat Berkendara Bisa Didenda Rp.750 Ribu
Polisi

Ingat, Gunakan GPS Saat Berkendara Bisa Didenda Rp.750 Ribu

Shabari ·

Mulai hari ini tanggal 5 sampai tanggal 20 Maret 2018, kepolisian dikabarkan akan menggelar rajia serentak secara Nasional dengan tajuk Operasi Keselamatan Jaya 2018.

Melihat dari tajuk yang diangkat pada operasi ini, pastinya salah satu yang menjadi fokus dalam rajia ini, adalah faktor yang bisa membuat kecelakaan terjadi diantaranya hal yang bisa membuat sipengendara terganggu fokusnya. Hal itu merujuk pada Pasal 106 ayat (1) Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), setiap pengendara kendaraan bermotor harus berlaku wajar, penuh konsentrasi.

Oleh karena itu bagi pengendara yang menggunakan ponsel, merokok, mabuk atau apapun yang membuat konsentrasi berkurang bisa terjaring. Dan hal itu juga termasuk pada pengendara yang menggunakan aplikasi sistem navigasi berbasis satelit Global Positioning System atau GPS pada ponsel. Hal itu karena dianggap dapat mengurangi konsentrasi saat berkendara.

Kasubdit Bin Gakkum Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto mengatakan, pengendara tak diperkenankan melakukan kegiatan-kegiatan atau dipengaruhi oleh situasi yang bisa menurunkan konsentrasi, semisal menggunakan ponsel dan terpengaruh alkohol.

"Bermain handphone, terpengaruh alkohol, konsumsi narkotika termasuk melihat video DVD itu tidak boleh. Itu melanggar Pasal 283 juncto Pasal 106 ayat (1) ketentuan pidananya tiga bulan kurungan atau denda paling bayak 750 ribu," ujar Budiyanto saat dikonfirmasi wartawan, seperti dilansir Tribunnews.com.

Termasuk penggunaan GPS handphone saat berkendara disebutkan Budiyanto juga dilarang. Ataupun penggunaan aksesoris handphone baik perekat atau penjepit untuk memudahkan pengemudi memainkan handphone saat berkendara juga dilarang.

"Tidak boleh alasan apapun. Harus dalam keadaan (kendaraan) berhenti baru boleh," katanya.

Jadi bila ingin merokok, menerima panggilan di HP atau melihat arah lewat GPS sebaiknya anda menepikan terlebih dahulu kendaraan yang anda bawa.

Nah bagaimana menurut Anda?

Bagikan artikel ini