Jalan Cepat Bisa Memperpanjang Usia?
Kesehatan

Jalan Cepat Bisa Memperpanjang Usia?

Shabari ·

Banyak orang yang tak memiliki waktu atau keinginan untuk berolahraga, sehingga olahraga ringan biasanya menjadi pilihan. Salah satunya jalan kaki yang merupakan olahraga yang paling ringan dan mudah dilakukan.

Jalan kaki bisa jadi pilihan yang tepat lantaran bisa dilakukan di mana saja. Dan hebatnya, bagi yang suka jalan kaki, terutama jalan cepat, disinyalir bisa memperpanjang usia.

Sebuah penelitian menyebutkan, bahwa semakin cepat tempo berjalan seseorang, maka peluang untuk hidup lebih lama pun akan semakin terbuka lebar. Pada penelitian yang telah dimuat dalam British Journal of Sports Medicine ini, dilakukan survei pada 11 populasi dengan total 50.225 pejalan kaki dalam kurun waktu kurang lebih 14 tahun.

Para peneliti mengumpulkan beberapa data seperti kecepatan jalan kaki para peserta yang dikelompokkan ke dalam beberapa kategori, meliputi gerakan dan tempo jalan kaki yang lambat, sedang, dan cepat. Mereka sepakat bahwa kelompok orang yang jalan cepat memiliki kecepatan mencapai lima sampai tujuh kilometer per jam.

Kemudian para periset menyesuaikan hasil analisis mereka dengan berbagai faktor yang bisa memengaruhi harapan hidup seseorang, misalnya usia, jenis kelamin, indeks massa tubuh (IMT), serta aktivitas fisik rutin. Dan hasil dari penelitian mengungkapkan bahwa jalan kaki dengan tempo “sedang” diduga dapat memperpanjang usia hingga 20 persen lebih tinggi dibandingkan tempo jalan kaki yang lambat.

Sementara untuk jalan cepat, kemungkinannya lebih tinggi lagi yakni hingga 25 persen dibandingkan kelompok orang yang jalannya lambat atau sedang. Selain itu, para ahli menyimpulkan bahwa kebiasaan jalan cepat ini dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskuler sebanyak 25 persen. 

Hasil penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa kebiasaan jalan kaki dengan cepat juga membawa efek yang sangat positif, terutama bagi kalangan lansia.

Dimana, para peserta yang telah menginjak usia tua, sekitar 60 tahun atau lebih, berisiko 46 persen lebih rendah untuk terserang penyakit kardiovaskular jika mereka berjalan dalam tempo sedang. Bahkan, akan meningkat menjadi 53 persen lebih tinggi jika tempo jalan kaki dilakukan lebih cepat lagi.

Pernyataan ini pun diperkuat oleh penelitian dari University of Pittsburgh yang membuktikan bahwa para lansia yang mampu berjalan lebih cepat selama kurang lebih satu tahun, biasanya memiliki peluang untuk dapat bertahan hidup lebih lama, bahkan hingga delapan tahun ke depan.

Nah jadi jangan ragu untuk berjalan kaki dengan cepat. Terlebih bila ingin hasil yang lebih optimal, bisa dikombinasikannya dengan melakukan serangkaian olahraga lain yang bisa melatih kelenturan, keseimbangan, serta daya tahan tubuh.

 

Bagikan artikel ini