Jangan Dibuang, Ternyata Kulit Telur Bisa Dimakan
Kesehatan

Jangan Dibuang, Ternyata Kulit Telur Bisa Dimakan

Shabari ·

Saat kita memasak atau mengkonsumsi telur pastinya kita akan membuang kulit telurnya. Dan kulit telur hanya akan menjadi sampah dan mengotori lingkungan.

Namun jika mengetahui manfaat besar yang terkandung dalam kulit telur. Maka tak hanya telurnya saja yang akan dimakan akan tetapi kulit telur-nya juga. Karena Selain memiliki nilai gizi, memakannya juga bisa menyelamatkan lingkungan.

Namun bisakah kulit telur dimakan? Menurut sebuah penelitian yang baru baru ini dilakukan mengungkapkan jika kulit telur bisa dimakan bahkan berkhasiat dan menjadi sumber kalsium yang baik. Bahkan, sebuah ulasan pernah mengungkapkan jika cangkang telur memiliki sejumlah sifat yang baik, terutama saat digiling menjadi bubuk.

Seperti dilansir dari Elitereaders, cangkang telur ternyata sangat baik untuk kesehatan tulang dan gigi karena mengandung 95% kalsium karbonat. Dan diungkap International Journal of Food Sciences and Nutrition, jika setengah cangkang telur sudah cukup untuk menyediakan asupan kalsium harian yang disarankan.

Namun, untuk memperoleh manfaat tersebut, sebelum dikonsumsi cangkang telur harus dihancurkan terlebih dahulu. Yaitu dengan membersihkan kulit secara menyeluruh, alangkah baiknya kulit telur harus direbus setidaknya selama lima menit untuk membunuh bakteri berbahaya. Untuk membran tidak boleh dilepas lantaran kaya nutrisi.

Setelah dibersihkan, kulit telur harus dibirkan mengering untuk kemudian dipanggang selama 10 menit dengan suhu 180 derajat.

Karena satu cangkang berisi dua gram kalsium dan rata-rata orang dewasa hanya membutuhkan satu gram per hari. Maka, perlu berhati-hati untuk mengkonsumsinya dalam jumlah banyak.

Nah bagaimana, siap mengkonsumsi kulit telur?

Bagikan artikel ini