Kenapa Hari Minggu Menjadi Hari Libur di Indonesia?
Sejarah Teka Teki

Kenapa Hari Minggu Menjadi Hari Libur di Indonesia?

Shabari ·

Seperti yang kita ketahui, setiap negara menetapkan satu hari di dalam satu minggu menjadi hari libur nasional. Dan hari ini menjadi waktu beristirahat dari segala aktivitas pekerjaan dan bisa digunakan sebagai waktu beribadah dan liburan.

Tiap negara memiliki hari libur yang berbeda, seperti halnya negara-negara Timur Tengah seperti Arab Saudi, yang penduduknya mayoritas beragama islam memilih hari Jumat sebagai hari libur. Hal itu lantaran hari Jumat dianggap sebagai hari baik bagi umat muslim untuk beribadah. Dengan liburnya aktivitas di hari Jumat, masyarakat Arab Saudi yang mayoritas muslim memiliki banyak waktu untuk melakukan salat Jumat dan ibadah lainnya secara total.

Lain halnya dengan bangsa Yahudi di daerah Israel. Mereka menetapkan hari Sabtu sebagai hari libur lantaran hari Sabtu merupakan hari ibadah bagi mereka. Dan juga negara-negara yang mayoritas penduduknya beragama Nasrani memilih hari Minggu sebagai hari liburnya.

Dan menariknya, meski memiliki penduduk mayoritas islam, Indonesia memilih hari Minggu yang dijadikan hari libur. Secara global, memang hari Minggu dijadikan sebagai hari libur di mayoritas negara di dunia. uniknya lagi hal itu bukan berasal dari agama Nasrani melainkan berawal pada masa Romawi kuno.

Awalnya, bangsa Romawi Kuno yang berpusat di Italia menguasai banyak negara di Eropa. Wilayah kekuasaan mereka sampai ke Belanda, Inggris, Prancis, Jerman, dan lainnya. Saat masa itu, bangsa Romawi Kuno memiliki keyakinan bahwa hari Minggu merupakan hari yang baik untuk beribadah. Sehingga mereka meliburkan segala aktivitasnya pada hari tersebut.

Selain itu, bangsa Romawi juga memiliki kebiasaan untuk menandai hari Minggu dan hari penting lainnya dengan menggunakan warna merah. Dua hal itu ternyata berpengaruh serta menyebar ke wilayah-wilayah kekuasaan bangsa Romawi yang salah satunya negara Belanda.

Seperti yang kita ketahui, Belanda kemudian menjajah dan menguasai Indonesia dengan waktu yang cukup lama. Hingga banyak kebiasaan dan kebudayaan Belanda yang kemudian berlaku di Indonesia, yang salah satunya adalah penetapan hari Minggu sebagai hari libur bagi para pekerja Indonesia. Akhirnya, tradisi libur di hari Minggu terus dipertahankan dan berlaku hingga kini.

Bagikan artikel ini