Keren, Ayam Panggang Ini Dipanggang Pakai Sinar Matahari
Unik

Keren, Ayam Panggang Ini Dipanggang Pakai Sinar Matahari

Shabari ·

Bagi yang menyukai hidangan daging ayam pastinya pernah menikmati lejatnya Ayam panggang yang dipanggang diatas arang atau api di kompo. Namun, pernahkah Anda menikmati hidangan ayam panggang yang dipanggang menggunakan sinar matahi?

Ternyata sinar matahari yang terik bukan hanya bisa digunakan untuk pembangkit listrik. Seorang tukang masak di Thailand bernama Sila Sutharat (60) bisa menggunakan sinar matahari untuk memanggang ayam.

Seperti dikutip dari laman odditycentral.com, Sila dengan cara uniknya ini ia mampu membuat ayam panggang buatannya matang dalam waktu 10 -20 menit dan memiliki rasa yang super enak tanpa dipanggang di atas bara api.

Menariknya lagi, Sila telah memanfaatkan sinar matahari untuk memanggang ayam masakannya itu selama lebih dari 20 tahun. Di sebuah rumah makan khusus ayam panggang miliknya di Provinsi Petchaburi, Bangkok, Thailand. Ia tidak menggunakan api atau bara, akan tetapi memanfaatkan sinar matahari dan pecahan kaca untuk memasak.\

masak ayam pakai sinar matahi

Dengan ratusan pecahan kaca yang sengaja dihadapkan pada sinar matahari dan pantulan cahayanya ia memasak masakannya. Tak main-main, pantulan cahaya tersebut bahkan menghasilkan panas hingga 300 derajat celcius dan bisa mematangkan daging ayam secara sempurna.

"Orang-orang dulu bilang saya gila dan nggak mungkin bisa memasak pakai cara ini. Tapi saya berhasil. Orang-orang mengakui cara yang aku miliki," ungkap Sila.

Atas kreativitasnya ini, dalam sehari ia bisa memanggang ayam hingga 40 ekor untuk para pelanggannya. Dan banyak pelanggan rumah makannya merasa puas dengan ayam di sana.

"Ini rasanya enak. Ayamnya besar. Matang rata. Bumbunya juga meresap dengan baik dan tidak bau arang. Teksturnya empuk. Kami suka masakan ini," ungkap seorang pelanggan.

Meski demikian, saat memanggang ayam Sila memiliki beberapa tantangan yakni harus memakai baju lengan panjang tebal dan memakai masker wajah untuk mencegah radiasi sinar ultraviolet. Serta harus memutar otak saat musim hujan datang dan tiada sinar matahari yang muncul.

Bagikan artikel ini