Keren, Kini Kita Bisa Kirim Uang Lewat WhatsApp
Iptek

Keren, Kini Kita Bisa Kirim Uang Lewat WhatsApp

Shabari ·

Biasanya kita hanya bisa saling kirim pesan, baik teks, gambar atau video. Kini kita bisa juga mengirimkan uang melalui WhatsApp. Hal ini seiring dengan mulai bergesernya sistem pembayaran yang biasanga menggunakan uang fisik kini sedikit demi sedikit berpindah ke pembayaran elektronik. Olehkarena itu banyak perusahaan, Bank, penyedia jasa mulai mengeluarkan produk yang mendukung pembayaran elektronik ini.

Salah satunya yakni WhatsApp yang mulai menyediakan fitur pembayaran digital di layanan pesan singkatnya dengan bertajuk “WhatsApp Payments”. Fitur ini kini baru diuji coba di India untuk pengguna yang bergabung dalam program beta.

Hal ini juga sebnarnya telah menjadi perbincangan publik sejak Januari lalu. Pasalnya, telah beredar desas-desus WhatsApp yang dikatakan hendak merilis fitur pembayaran digital pada Februari ini.

Adapun mekanisme WhatsApp Payments menggunakan sistem Unified Payments Interface (UPI). Hebatnya, antarmuka pembayaran itu memfasilitasi transaksi lintas bank di India, beberapa di antaranya State Bank of India, ICICI Bank, HDFC Bank, dan Axis Bank. WhatsApp Payments mendukung transaksi ke lebih dari 70 bank di India.

WhatsApp sendiri telah mengantongi ijin menggunakan UPI dari Pemerintah India sejak Juli 2017 lalu. Proses pengembangan selama lebih kurang setengah tahun akhirnya membuahkan hasil. Untuk sementara pemanfaatan WhatsApp Payments terbatas pada transaksi uang antar-pengguna, alias peer-to-peer. Pengguna belum bisa melakukan transaksi ke merchant pihak ketiga.

Cara untuk bertransaksi dengan WhatsApp Payments sendiri adalah dengan cara dua pihak pengguna yang hendak bertransaksi harus mengikuti program beta dan meng-install versi teranyar WhatsApp untuk iOS ataupun Android.

Dan untuk mengirim uang, pengguna cukup menekan ikon attachment yang juga diklik saat hendak mengirim kontak, media, lokasi, dll. Pengguna akan menemukan opsi payments sebagaimana dilansir dari Digit.in.

Kemudian pilih kontak yang hendak dikirimi uang, pilih akun bank Pengirim dan penerima, masukkan nominal uang, masukan pin UPI, lantas uang si pengirim akan terkirim secara virtual.

Pada transaksi pertama, pengguna akan diminta memverifikasi nomor seluler. Olehkarena itu harus dipastikan nomor seluler untuk mengakses WhatsApp sesuai dengan nomor seluler yang tertaut dengan akun bank pengguna via UPI. Jika Anda tak punya akun UPI, WhatsApp Payments memiliki opsi untuk membuat akun UPI baru.

Dan untuk semua transaksi nantinya akan terekam pada opsi history di WhatsApp Payments. Karena masih dalam bentuk beta, bisa jadi fitur ini dikembangkan lebih jauh untuk fungsi yang lebih banyak ketika diresmikan untuk publik. Sayangnya, belum ada kejelasan kapan WhatsApp Payments tersedia di negara lain, termasuk Indonesia.

Bagikan artikel ini