Kini Kantong Plastik Belanja Akan Dikenakan Pajak
Berita

Kini Kantong Plastik Belanja Akan Dikenakan Pajak

Shabari ·

Sempat ramai dan menjadi perdebatan saat adanya kebijakan kantong plastik berbayar. Meski memiliki tujuan mulia yakni demi mengurangi sampah plastik, namun kebijakan tersebut banyak ditentang karena menguntungkan sebagian pihak. Hingga akhirnya tak lagi diberlakukan.

Namun kini, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Siti Nurbaya akan kembali mencoba sebuah kebijakan untuk mengurangi sampah plastik. Yakni dengan menerapkan kebijakan penerbitan pajak kantong belanja plastik guna menciptakan kebijakan yang holistik dan tepat untuk dijalankan.

Dalam keterngan tertulisnya di jakarta, terkait dengan penerbitan pajak bagi kantong belanja plastik ini, Siti Nurbaya mengatakan bahwa hasil uji coba menunjukkan secara kuantitas memang ada penurunan yang signifikan dalam penggunaan kantong plastik.

Untuk itu, untuk menciptakan kebijakan yang holistik dan tepat untuk dijalakan, pihaknya akan terus berkomunikasi dengan kementerian lain seperti Kementerian Keuangan, Kementerian Perindustrian, dan hal yang paling berdampak dari tiap kebijakan adalah industri dan masyarakat atau komunitas.

"Kita harus mendengar juga suara dari produsen plastiknya, dari pedagang plastiknya, dari komunitasnya yang meminta akuntabilitas dari para peritelnya, ini tengah kami diskusikan terus, dan setelah saya banyak berdiskusi dengan asosiasi plastiknya. Biodegradable plastic, atau jenis lainnya juga kita sedang kaji saat ini, untuk jadi alternatif," katanya.

Nah bagaimana menurut Anda?

Bagikan artikel ini