Hal-hal Penting Bagi Anda yang Ingin Meminjam di UangTeman
Review

Hal-hal Penting Bagi Anda yang Ingin Meminjam di UangTeman

Insani ·

Meminjam uang memang sudah lazim di zaman seperti sekarang ini. Oleh sebab itu, menjamurnya lembaga dan jasa keuangan seperti bank, koperasi dan lain-lain menjadi salah satu bukti bahwa bisnis peminjaman uang seperti ini memang sedang mengalami prospek yang bagus dan potensial. Berbagai kelebihan dan kekurangan, dampak positif dan negatif, pro dan kontra tentu akan selalu mengiringi perkembangan bisnis semacam ini. Sehingga kita para konsumen sudah sepantasnya lebih bijak dalam menyikapinya. Salah satu bisnis rintisan baru yang bergerak di bidang jasa pemberi pinjaman online adalah UangTeman.

Perusahaan penyedia jasa pinjaman ini tidak seperti bank atau koperasi, perusahaan ini mengandalkan teknologi internet untuk menjalankan usahanya. Sehingga bagi siapa saja yang membutuhkan dana cepat dengan akses yang mudah, perusahaan ini menawarkan pinjaman dengan limit hingga 3,5 juta rupiah bagi Anda yang berdomisili di wilayah Jabodetabek sedangkan Anda yang berdomisili di wilayah lain yang menjadi cakupan perusahaan ini, limit pinjaman yang ditawarkan mencapai 1-2 juta rupiah.

Dengan limit atau plafon pinjaman sebesar itu, tentu Anda akan diberikan jangka waktu yang pendek untuk bisa mengembalikannya. Dan sistemnya Anda tidak harus mencicil sampai berbulan-bulan atau bertahun-tahun seperti di bank atau koperasi, namun Anda diwajibkan mengembalikan dana pinjaman beserta bunganya saat jatuh temponya. Biasanya dalam rentang waktu 10 hingga 30 hari.

Ada beberapa alasan mengapa pinjaman jangka pendek seperti ini sangat bermanfaat. Salah satunya adalah memungkinkan Anda untuk lebih disiplin dalam mengembalikan pinjaman sehingga suatu hari saat Anda ingin meminjam kembali, baik bank maupun lembaga keuangan lain akan melihat catatan kredit Anda untuk memudahkan Anda menerima pinjaman. Namun tentu saja ada beberapa masukan dan nasihat bagi Anda sebelum memutuskan mengajukan pinjaman, termasuk saat meminjam dana di UangTeman:

  • Biasakan untuk meminjam uang hanya dengan tujuan yang penting atau memang benar-benar membutuhkan.
  • Perhatikan kesiapan Anda dalam membayar, sebagai contoh pastikan kapan Anda meminjam dan kapan Anda sanggup membayarnya misalkan setelah gajian atau setelah mendapat uang lain, sehingga Anda terhindar dari biaya denda karena terlambat membayar.
  • Gunakan simulasi untuk mengkalkulasikan jumlah pengembalian dana yang harus Anda bayar saat jatuh tempo agar Anda tidak kaget saat menerima tagihan. Setidaknya Anda sudah punya gambaran singkat mengenai uang yang harus dikembalikan.
  • Pinjamlah sesuai keperluan Anda dan juga sesuaikan dengan kesanggupan Anda dalam membayar sehingga permohonan pinjaman Anda segera disetujui dan di verifikasi.
  • Hindari mengajukan pinjaman dalam jangka pendek sampai lebih dari satu kali pada waktu yang berdekatan, istilah lainnya adalah ‘gali lobang tutup lobang’.
  • Walaupun syaratnya cenderung mudah, lengkapilah persyaratan yang dibutuhkan karena kemampuan keuangan Anda tetap akan dinilai oleh pihak pemberi pinjaman.
  • Menahan diri untuk mengeluarkan uang demi kepentingan-kepentingan yang kurang bermanfaat misalkan jalan-jalan agar Anda lebih mudah mengembalikan pinjaman Anda.

Selain itu, Anda juga harus benar-benar bisa memastikan bahwa Anda telah memiliki rencana tentang bagaimana Anda bisa membayar pengembalian dana tersebut. Hal ini memungkinkan Anda untuk lebih bisa menahan diri dari perilaku konsumtif yang berlebihan dan tentu saja lebih bijak dalam mengelola dan mengatur keuangan Anda. Masukan-masukan penting seperti hal di atas bukan hanya bisa dipraktekkan saat meminjam uang di UangTeman.com saja, namun juga sebagai masukan Anda saat meminjam dana di tempat lain.

Bagikan artikel ini