Mengejutkan, Timnas Italia Gagal Melaju ke Putaran Final Piala Dunia 2018
Sport

Mengejutkan, Timnas Italia Gagal Melaju ke Putaran Final Piala Dunia 2018

Shabari ·

Seperti yang kita tahu, tim nasional Italia biasanya menjadi langanan di putaran pfinal piala dunia bahkan menjadi salah satu tim yang pernah memegang tropi piala dunia.

Namun, mengejutkan Italia ternyata gagal lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 setelah kalah agregat dari timnas Swedia pada play-off zona Eropa. 

Dalam pertandingan kedua play-off di San Siro, Senin (13/11/2017) malam atau Selasa dini hari WIB, pasukan Gian Piero Ventura berhasil ditahan imbang 0-0 oleh Swedia. Dengan hasil itu, Swedia berhasil lolos ke Rusia 2018 karena keunggulan agregat 1-0 hasil kemenangan pada laga pertama.

Hal ini menjadikan kegagalan pertama bagi Italia melangkah ke putaran final Piala Dunia sejak 1958 atau 60 tahun lalu. Pada saat itu, tim berjuluk Gli Azzurri itu tersisih setelah kalah dari Irlandia Utara pada pertandingan terakhir kualifikasi, Januari 1958.

Pastinya, kegagalan ini amat menyesakkan bagi para pemain, publik Italia serta para fansnya. Padahal saat menjamu Swedia di kandang AC Milan dan Inter Milan, Ciro Immobile dan kawan kawan tampil lebih mendominasi. 

Pada babak pertama saja, mereka bisa melepas tujuh tembakan berbanding satu milik tim tamu. Namun, semua peluang tak berbuah gol. Pada babak kedua, dominasi Italia kian menjadi. Mereka memiliki 73 persen penguasaan bola dengan melepas 15 tembakan dengan tujuh di antaranya tepat sasaran, berbanding dua milik Swedia.

Akan tetapi, hal tersebut tak membuahkan satu gol pun ke gawang yang dikawal Robin Olsen. Hingga peluit panjang dibunyikan oleh wasit Antonio Mateu, kedudukan 0-0 pun tak berubah. Hal itu membuat Italia dipastikan gagal lolos ke putaran final Piala Dunia 2018.

Kegagalan Italia menjadi sangat tidak menguntungkan untuk penjaga gawang Gianluigi Buffon. Dan menjadi akhir karier yang tidak manis di level internasional. Pasalnya, kapten dan kiper timnas Italia itu memang sempat mengutarakan akan mundur seusai Piala Dunia 2018.

Italia 0-0 Swedia (Agregat 0-1)

Italia: 1-Gianluigi Buffon; 15-Andrea Barzagli, 19-Leonardo Bonucci, 3-Giorgio Chiellini; 6-Antonio Candreva (20-Filippo Bernadeschi, 76'), 8-Alessandro Florenzi, 7-Jorginho, 18-Marco Parolo, 4-Matteo Darmian (22-Stephan El Shaarawy, 63'); 11-Ciro Immobile, 23-Manolo Gabbiadini (9-Andrea Belotti, 63')

Pelatih: Gian Piero Ventura

Swedia: 1-Robin Olsen; 2-Mikael Lustig, 3-Victor Lindelof, 4-Andreas Granqvist, 6-Ludwig Augustinsson; 17-Viktor Claesson (19-Marcus Rohden, 72'), 7-Sebastian Larsson, 13-Jakob Johansson (15-Gustav Svensson, 19'), 10-Emil Forsberg; 20-Ola Toivonen (8-Isaac Thelin, 54'), 9-Marcus Berg

Pelatih: Janne Andersson

Bagikan artikel ini