Teka Teki Video

Menguak Ruangan Bawah Tanah di Bawah Kolam Bundaran HI

Shabari ·

Selain Monas, Anda pasti hapal dengan salah satu icon kota Jakarta dengan air mancur dan patung selamat datangny di Bundaran Hotel Indonesia (HI). Namun tahukah Anda, ternyata ada ruang bawah tanah di Bundaran HI.

Bundaran HI sendiri dibangun pada 1960-an di era Presiden Soekarno. Bundaran HI ini menjadi salah satu titik pusat ibu kota. Jika dicermati, ada dua buah pintu yang terletak di tepian Bundaran Hotel Indonesia. Satu pintu terletak pada posisi berdekatan dengan Hotel Kempinski dan satu pintu lainnya terletak dengan pos polisi Bundaran HI.

Dan ternyata kedua pintu itu merupakan akses menuju ke ruangan bawah tanah yang terletak di bawah kolam Bundaran HI. Dan menariknya di dalam ruangan bawah tanah itu selalu ada penghuni yang singgah di sana.

Ruangan bawah tanah yang ada di bawah kolam air mancyr tersebut ternyata ruangan semacam bungker pengaturan, dan juga sebagai tempat penjaga di sini untuk nginap. Saat memasuki ruangan tersebut, terdapat tangga untuk turun yang cukup curam.

Di dalamnya terdapat ruangan sekitar 5 x 3 meter persegi, terlihat rangkaian kabel berukuran besar.Di bagian sisi kiri dan kanan ruang tersebut, terdapat sejumlah kotak berisi panel-panel listrik untuk mengatur lampu-lampu serta pancuran air di Bundaran HI.

Ruangan tersebut juga tampak terpasang pendingin ruangan AC yang digunakan untuk mendinginkan mesin. Dan ada sebuah lemari pakaian tempat para penjaga menyimpan pakaian. Serta di tengah-tengah boks panel listrik, juga ada sebuah lorong sempit untuk tempat penjaga beristirahat.

Penjagaan di Bundaran HI sendiri dilakukan selama 24 jam, para penjaganya dibagi menjadi 2 shift kerja yakni siang dan malam. Khusus untuk malam hari, Bundaran HI dijaga dua orang, sementara pada siang hari cukup satu orang.

Penjagaan ini dikarenakan selain untuk menjaga lampu lampu yang memiliki harga mahal hingga Rp 12 juta, juga karena kolam bundaran HI sendiri berbahaya, Kedalaman kolamnya mencapai 180 sentimeter, serta di dalam air, terdapat kabel yang terhubung kepada air mancur serta lampu-lampu.

Bagikan artikel ini