Misteri Dibalik Bau dan Nikmatnya Durian Kini Telah 'Terpechakan'
Alami Iptek

Misteri Dibalik Bau dan Nikmatnya Durian Kini Telah 'Terpechakan'

Shabari ·

Kita pastinya mengenal buah durian yang khas dengan kulitnya yang dipenuhi duri dan bau serta rasanya yang cukup lejat. Namun karena baunya yang terlalu menyengat, durian harus mendapat larangan dibawa di transportasi umum maupun di sejumlah hotel.

Dan sebuah kajian yang dilakukan tim saintis di Singapura menemukan bahwa bau tajam durian itu ternyata disebabkan oleh gen. Dari penemuan ini, membuka kemungkinan di masa depan dihasilkan durian 'dengan bau atau rasa yang tidak terlalu tajam'.

Dilansir dari BBC Indonesia, terungkapnya faktor genetis di balik bau durian yang menyengat didapat oleh lima ilmuwan -yang mengaku pecinta durian- setelah selama tiga tahun memetakan secara lengkap gen durian.

Dan hal ini merupakan pertama kalinya gen durian berhasil dipetakan secara lengkap. Analisis gen durian ini telah diterbitkan di jurnal Nature Genetics.

"Analisis kami memperlihatkan bahwa volatilitas produksi sulfur pada durian mencapai tingkat yang sangat tinggi, yang menjelaskan mengapa bagi sebagian orang bau durian mirip dengan bau sulfur," kata Patrick Tan, salah seorang peneliti.

Selain berhasil memetakan gen durian, ilmuwan-ilmuwan di Singapura juga mengungkap asal mula durian yang diyakini berasal dari tanaman kakao sekitar 65 juta tahun yang lalu.

Menurut para peneliti bau yang tajam dari buah ini secara alami dikeluarkan agar binatang-binatang di alam liar memakan buah ini dan pada gilirannya membantu menyebarkan biji durian.

Namun, kemungkinan menghasilkan durian tanpa bau yang tajam ini langsung menimbulkan pro dan kontra, terutama di kalangan pecinta buah durian. Pasalnya, bagi mereka bau tajam adalah ciri khas durian.

Disamping itu, ada juga pihak yang sangat mendukung penemuan ini. Di Singapura, warga tak dibolehkan mengkonsumsi durian di ruang terbuka dan juga dilarang membawanya di transportasi umum gara-gara baunya yang menyengat.

Akan tetapi bagi para pecinta buah durian, rasa durian dikatakan 'lezat luar biasa'. Durian tanpa bau, bagi mereka itu sesuatu yang tak terbayangkan.

Bagikan artikel ini