Pangeran Inggris Dilarang Mengenakan Celana Panjang Sampai Umur 8 Tahun
Unik

Pangeran Inggris Dilarang Mengenakan Celana Panjang Sampai Umur 8 Tahun

Shabari ·

Pernahkah Anda melihat pangeran George dalam aktivitasnya atau berbagai foto dirinya yang beredar mengenakan celana panjang? Dan ternyata memang, meski pada musim dingin bocah yang masih berumur 4 tahun itu tetap menggunakan celana pendek.

Hal itu lantaran, putra pertama Pangeran William dan Kate Middleton tersebut memang dilarang mengenakan celana panjang. Sebab, dia masih tergolong anak-anak. Dan mulai diperbolehkan mengenakan celana panjang bila ia genap berusia 8 tahun.

Saat seumur itu, berarti George dianggap sudah menjadi lelaki sesungguhnya. Saat itulah dia boleh mengenakan celana panjang.

’’Memakaikan celana pendek kepada bocah lelaki adalah sesuatu yang sangat Inggris,’’ kata William Hanson, pakar etika.

Dan untuk celana panjang hanya dikenakan bocah lelaki berusia minimal 8 tahun. Sebelum mencapai batas tersebut, tidak ada pilihan bagi bocah lelaki selain celana pendek. Namun, aturan itu hanya berlaku bagi keluarga kerajaan dan aristokrat.

Sedangkan bagi warga biasa, tidak ada aturan seperti itu. Etika berpakaian bagi penduduk Inggris, baik lelaki maupun perempuan, jauh lebih bebas ketimbang mereka yang berdarah biru. Hal ini masih lebih masuk akal dibanding saat dulu, dimana seluruh bayi ningrat bahkan harus mengenakan gaun tanpa peduli jenis kelamin mereka sampai mereka menginjak usia 2 tahun.

celana pendek pangeran inggris

Untuk saat ini, hal itu masih berlaku. Tetapi gaun untuk bayi ini hanya dikenakan dalam sakramen baptis.

’’Meski zaman sudah berubah, memakaikan celana panjang kepada bocah lelaki masih terkesan tidak elegan. Itu identik dengan masyarakat kelas menengah ke bawah atau masyarakat pinggiran. Duchess of Cambridge jelas tidak mau putranya terlihat seperti itu,’’ papar Hanson.

Dalam acara formal atau nonformal dan apa pun atasan yang dikenakan, William dan Harry kecil terpaksa selalu memamerkan lutut mereka. Sebab, bawahan yang mereka pakai selalu celana pendek. Meski pada daerah atau musim yang dingin.

Ternyata bukan hanya celana, kaus kaki juga ternyata punya arti tersendiri. Bagi bayi dan kanak-kanak, yang mengenakan wajib celana pendek adalah kaus kaki panjang. Namun, George yang masuk tahun terakhir masa balitanya boleh mulai memakai kaus kaki pendek.

Bagikan artikel ini