Uang Baru Mulai Beredar, Begini Nasib Uang Lama
Berita

Uang Baru Mulai Beredar, Begini Nasib Uang Lama

Shabari ·

Seperti yang kita ketahui bertepatan dengan Hari Bela Negara, Bank Indonesia secara resmi telah mengeluarkan dan mengedarkan 11 pecahan uang baru Tahun Emisi (TE) 2016, yang terdiri dari tujuh pecahan uang kertas, dan empat pecahan uang logam.

Adapun uang rupiah kertas yang diterbitkan, senilai Rp100 ribu, Rp50 ribu, Rp20 ribu, Rp10 ribu, Rp5 ribu, Rp2 ribu, dan Rp1 ribu dengan gambar pahlawan pada setiap lembarannya. Sedangkan pada uang rupiah logam, yaitu Rp1 ribu, Rp500, Rp200, dan Rp100.

penampakan uang baru Emisi 2016

Dengan resminya uang baru ini di edarkan, pastinya membuat uang yang telah berlaku lebih dulu akan disebut sebagai uang lama. Nah bagai mana nasibnya sekarang?

Beredarnya uang baru ini tidak serta merta membuat uang lama tak berlaku lagi. Menurut direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Uang BI Suhaedi, ketika uang emisi 2016 baru telah diedarkan, uang yang lama tetap berlaku.

“Jadi uang yang kita sekarang kita pakai sehari-hari itu tetap berlaku. Nanti pada waktunya, BI akan mengumumkan pecahan mana, emisi kapan yang akan ditarik secara bertahap,” katanya dalam keterangan yang dikutip, Senin (19/12/2016).

Dan biasanya, disaat BI telah mengumumkan uang mana yang akan ditarik, masyarakat akan diberi waktu untuk menukar uang tersebut hingga lima tahun di seluruh bank di seluruh Indonesia. Dan saat periode lima tahun, masyarakat tetap bisa menukarkan uang lama di Bank Indonesia di cabang-cabang seluruh Indonesia dalam jangka waktu 10 tahun setelah pengumuman.

“Jadi yang kita cetak sekarang ini, kita dapat karena yang masih dibutuhkan oleh masyarakat secara luas. Jadi kami melakukan survei ke seluruh wilayah Indonesia, sampai pecahan mana yang masih dibutuhkan secara banyak,” tambahnya.

Nah jadi jangan khawatir, uang lama dan baru tetap sama sebelum BI menyatakan tidak berlaku lagi.

Bagikan artikel ini