Waduh, Jakarta Kini 'Kebanjiran' Orang Gila
Berita

Waduh, Jakarta Kini 'Kebanjiran' Orang Gila

Shabari ·

Banjir dan Jakarta adalah dua hal yang memang sering kita dengar bersamaan. Pasalnya daerah Ibu Kota ini memang kerap dilanda banjir. Baik karena hujan deras atau memang air kiriman dari daerah tetangga.

Namun, saat musim kemarau seperti sekarang ini Jakarta tetap kebanjiran. Akan tetapi bukan dibanjiri air melainkan 'kebanjiran' pengidap gangguan jiwa atau orang gila. Hal itu dapat dilihat pada catatan Dinas Sosial yang sejauh ini mencatat 2.962 orang yang kini sedang menjalani pembinaan, lantaran mengalami gangguan kejiwaan.

Namun hal ironisnya, dengan banyaknya jumlah pengidap gangguan jiwa tersebut, tak dibarengi dengan jumlah panti pembinaan.

"Kapasitas panti hanya 1.700 orang," ujar Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta Masrokhan, Rabu 30 Agustus 2017, seperti dilansir Viva.co.id.

Sehingga, ada kelebihan 1.262 orang dengan masalah kejiwaan dan Orang Dengan Gangguan Jiwa (OMDK) di seluruh panti pembinaan.

Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menyebutkan bahwa banyaknya orang gila di Jakarta, mesti menjadi perhatian serius semua pihak. Pasalnya, selama ini publik justru kerap mencemooh mereka, ketimbang memberikan perhatian untuk pembinaan.

"Perlu perhatian dari pemerintah dan masyarakat untuk mengatasi permasalah orang gangguan jiwa," ujar Djarot.

Atas itu, ia berharap, masyarakat dapat membantu penanganan orang dengan gangguan jiwa tersebut. Setidaknya untuk tidak mengolok-olok mereka.

"Justru yang mengolok-olok itu yang tidak normal. Bukan mereka," ujarnya.

Bagikan artikel ini