Zat Paling Hitam di Dunia, Bisa Ubah 3D Menjadi Tampak 2 Dimensi
Unik Iptek

Zat Paling Hitam di Dunia, Bisa Ubah 3D Menjadi Tampak 2 Dimensi

Shabari ·

Saat melihat bulatan hitam di foto tersebut, pastinya Anda menduga kalau itu merupakan editan. Bukan, warna hitam tersebut bukanlah editan, melainkan difoto apa adanya. Warna hitam itu merupakan benda yang ditutup dengan Vantablack S-VIS.

Vantablack S-VIS ini merupakan bahan yang diyakini paling hitam di dunia. Bahkan, dapat "menelan" sinar laser yang sangat reflektif. Vantablack S-VIS adalah cat generasi berikutnya dari Vantablack, yang diperkenalkan kembali pada 2014.

Vantablack bisa menelan 99,8 persen cahaya yang ditujukan kepadanya. Bahkan para periset menyebutkan Vantablack S-VIS 17 kali lebih abadi dibanding cat hitam non-reflektif yang digunakan di Teleskop Humble. Saking hitamnya, hal ini membuat seseorang saat melihat benda yang dilukis dengan Vantablack S-VIS, gambar tersebut terlihat seperti foto yang diedit di mana seseorang membuat lubang gelap.

Juru bicara dari tim peneliti tersebut menyebutkan kalau struktur nano Vantablack menyerap hampir semua cahaya yang memungkinkan kinerja sistem optik presisi secara optimal.

Vantablack S-VIS dikembangkan dengan bantuan campuran nanotube karbon yang umumnya digunakan dalam nanoteknologi. Vantablack bisa disemprotkan di atas substansi fisik untuk mengubah pantulannya menjadi minimal. Vantablack S-VIS akan membantu melapisi bagian-bagian kompleks yang digunakan dalam fotografi atau kerajinan ruang.

Vantablack S-VIS tersedia untuk pengguna komersial sebagai produk yang dapat dipasarkan, tapi hak kendali dan penjualan dilakukan lewat Surrey NanoSystems. Dan untuk penggunaan, perusahaan tersebut telah meluncurkan spray cat Vantablack S-VIS yang sedikit kurang reflektif ketimbang yang dalam bentuk cair, tapi aman untuk penggunaan non-komersial.

Edisi sebelumnya, Vantablack juga digunakan dalam spray yang dijual dalam edisi terbatas. Salah satu kelebihan Vantablack adalah materi ini dapat mengubah benda 3D menjadi 2D. Hal ini lantaran bila warna satu benda 3D dilapisi dengan Vantablack, benda tersebut otomatis menjadi objek 2D di foto.

Bagikan artikel ini